6 Tips Memperpanjang Daya Baterai Smartphone Android

Posted on

6 Tips Memperpanjang Daya Baterai Smartphone Android

Bixbax – Saat ini smartphone telah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat di dunia. smartphone pada umumnya memiliki kapasitas baterai yang terkenal boros. Banyak aplikasi yang dapat digunakan pada smartphone dapat menghabiskan daya baterai. Namun ada beberapa aplikasi yang tersedia di Play Store atau App store untuk mengoptimalkan daya pakai baterai smartphone, namun hal itu belum cukup untuk membuat baterai menjadi lebih tahan lama. Sebagian besar kapasitas baterai pada smartphone dapat bertahan hingga 1 – 2 hari sebelum membutuhkan pengisian ulang kembali.

Baterai smartphone dapat dikelola dan dapat dimanfaatkan secara efektif untuk kebutuhan penggunanya, berikut ini ada beberapa tips untuk memperpanjang daya baterai smartphone pada perangkat android anda, diantaranya yaitu :

Menonaktifkan vibrasi (getaran) ponsel

Getaran adalah suatu hal terbaik untuk memberitahu pengguna smartphone saat ada notifikasi panggilan masuk, pesan masuk, whatsapp, bbm, line, dan berbagai notifikasi lainnya. Namun, hal itu dapat menguras daya baterai smartphone. Sebaiknya pemberitahuan notifikasi pada smartphone hanya dengan ringtone saja tanpa getaran untuk meminimalkan penggunaan daya baterai serta dapat memperpanjang daya baterai.

Getaran yang lebih banyak dapat menghabiskan kapasitas baterai lebih banyak daripada suara ringtone saja. Suara dari ringtone dapat menimbulkan getaran yang kecil keluar dari speaker smartphone. Untuk memperpanjang daya baterai, salah satunya yaitu dengan cara menonaktifkan getaran pada smartphone.

Meredupkan kecerahan layar

Cara kedua untuk memperpanjang daya baterai yaitu meredupkan kecerahan layar smartphone. Semakin tinggi kecerahan layar, maka semakin cepat kapasitas baterai terkuras. Dengan meminimalkan kecerahan layar pada smartphone dapat mengurangi penggunaan daya baterai pada smartphone.

Tingkat kecerahan paling redup dapat meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan bagi mata. Seseorang dapat menyetel tingkat kecerahan pada tingkat yang paling redup yang masih dapat dilihat mata dan tidak melelahkan mata. Sesuaikan tingkat kecerahan layar pada smartphone. Jangan sampai layar smartphone terlalu redup sehingga melelahkan mata. Jangan sampai terlalu redup dan terlalu cerah.

Memperpendek waktu habis layar

Untuk meminimalkan penggunaan daya baterai dapat dilakukan dengan cara memperpendek waktu layar habis pada smartphone. Pada pengaturan tersebut, seseorang dapat menentukan lama layar smartphone tetap hidup. Semakin lama layar smartphone hidup saat tidak digunakan, maka semakin besar penggunaan baterai smartphone tersebut. Hal ini dapat menghabiskan daya baterai secara cepat.

Saat anda tidak berinteraksi dengan smartphone, maka sebaiknya mengatur waktu habis layar secepat mungkin agar layar dapat mati dalam waktu yang singkat sehingga daya tahan baterai smartphone menjadi lebih lama.

Menonaktifkan ponsel saat tidak digunakan dalam waktu lama

Ponsel yang menyala dapat mengonsumsi daya baterai lebih besar daripada ponsel yang terkunci, namun saat smartphone dinonaktifkan selama beberapa jam dapat menghemat baterai daripada menggunakannya pada mode sleep atau mode pesawat. Hal ini dapat menghemat daya baterai smatphone menjadi lebih lama.

Menutup aplikasi yang tidak diperlukan

Banyak pengguna smartphone yang menggunakan untuk sebuah aplikasi, seperti game, dan media sosial. Biasanya seseorang sering lupa untuk menutup aplikasi tersebut sehingga masih berjalan di bagian recent apps. Kemampuan multitasking dari sebuah smartphone memang merupakan fitur umum yang ada di ponsel tersebut, namun hal ini akan membuat baterai menjadi cepat habis dengan mudah.

Baterai akan habis dengan cepat saat digunakan dan bahkan tidak dapat digunakan lagi dalam jangka waktu yang lama. Membiarkan aplikasi berjalan pada latar belakang sistem smartphone dapat menjadi salah satu penyebab menurunnya daya baterai yang cepat habis. baterai sehingga cepat habis.

Menonaktifkan fitur GPS

Saat anda terus mengaktifkan fitur GPS pada latar belakang, maka beberapa aplikasi terus menerima dan mengirim sinyal. Proses tersebut dapat menguras kapasitas baterai smartphone. Pastikan bahwa setelah menggunakan suatu aplikasi yang menggunakan GPS segera ditutup saat tidak digunakan.

Demikian adalah 6 Tips Memperpanjang Daya Baterai Smartphone Android, semoga bermanfaat. yang berhasil kami kutip dari beberapa sumber, Terus kunjugi lebihluas.com karena kami akan memberikan ilmu dan tips tips yang kami ulas secara untuk dan nyaman di baca. Jika menurut anda artikel ini menarik silahkan anda bagikan artikel ini keteman-teman anda di sosial media favorit anda. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *