Cara Meningkatkan dan Menambah RAM pada Smartphone Android

Posted on

Cara Meningkatkan dan Menambah RAM pada Smartphone Android

BixbaxRam adalah sebuah perangkat pada smartphone yang digunakan dalam setiap proses androidnya. semakin banyak RAM yang ada pada sebuah smartphone maka akan semakin banyak yang dapat dilakukan. Anda dapat mempunyai tab pencarian yang lebih banyak, akan ada lebih banyak aplikasi yang dapat berjalan dan lebih banyak fitur yang bisa digunakan.

Jika sebuah smartphone mulai melambat, biasanya RAM pada smartphone semakin kecil ukurannya kapasitasnya. Hal ini dapat menjadi masalah bagi smartphone anda, karena dapat membuat smartphone menjadi hang. Jika RAM smartphone terlalu penuh, maka mengakibatkan sebuah smartphone android menjadi lag dan mengakibatkan baterai menjadi boros dan smartphone cepat panas. Hal ini akan berdampak buruk pada smartphone. Namun hal itu dapat diatasi.

Berikut ini ada beberapa cara untuk meningkatkan ram pada sebuah smartphone android, yaitu :

Meningkatkan RAM

Semakin banyak aplikasi android pada sebuah smartphone, maka semakin banyak RAM yang akan digunakan. Jika dapat mengurangi aplikasi yang berjalan maka dapat menyimpan lebih banyak memori untuk berbagai file yang penting.

Membatasi widget dan wallpaper bergerak

Membatasi widget dan wallpaper bergerak, hal ini memerlukan banyak penggunaan RAM. Ram akan digunakan untuk merefresh dan menempati bandwitdth. Ada juga beberapa yang masih aktif. Hal ini dapat menyebabkan baterai lebih lebih cepat habis. Untuk membatasi jumlah widget yang digunakan  maka dapat mengoptimalkan penggunaan memory yang tersedia.

Menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan

Beberapa aplikasi ada yang menggunakan ram ketika tidak sedang digunakan sehingga tanpa diketahui RAM akan terus berjalan. Pengaturan dalam aplikasi yang berjalan dan tidak harus berjalan maka akan memakan banyak waktu. Hal ini dapat meningkatkan kinerja pada smartphone anda.

Untuk menonaktifkan aplikasi tersebut, maka masuklah ke bagian setting, lalu pilih aplikasi dan manager aplikasi. Kemudian masuk pada all tab untuk mendapatkan daftar semua aplikasi di perangkat android anda. Untuk menonaktifkan aplikasi tersebut, maka tekan kemudian pilih nonaktif dan konfirmasi.

Menonaktifkan animasi

Animasi banyak menggunakan ram dan tidak begitu penting dalam sebuah smartphone. Anda dapat mengelola hal tersebut dengan memilih pada pengembangan. Untuk mengaktifkan pilihan pengembang pada perangkat android, masuk ke bagian setting, tentang handphone, dan tekan jumlah nomor sebanyak tujuh kali hingga ada pemberitahuan untuk menjadi pengembang. Hal ini tidak terdapat efek negatif pada perangkat android, hanya menambahkan menu pilihan pengembang pada pengaturan.

Meningkatkan ram pada android begitulah caranya. Jika anda ingin menambah kapasitas ram android dapat dilakukan. namun pada prinsipnya yaitu membuat virtual memory melalui berbagai macam metode seperti swap partition (linux swap), swap file dan ZRAM.

Virtual memori tersebut berfungsi sebagai ram bayangan yang dapat membantu kinerja ram internal pada suatu perangkat android. Ada perbedaan dalam ketiga metode dalam membuat virtual memori tersebut, yaitu :

  • Swap file

Membuat virtual memori dengan menggunakan file yang ada dalam microSD card sebagai media untuk swap.

  • Swap partition

Membuat virtual memori dengan menggunakan media partisi micro SD card. Memori eksternal akan dipartisi menjadi dua atau tiga bagian. Kemudian pada partisi yang terakhir akan menggunakan linux swap sebagai sistemnya.

  • Zram

Membuat virtual memori dengan menggunakan ram internal. Sebagian ruang dari ram internal android akan dimanfaatkan sebagai virtual memori. Semakin besar dari kapasitas ZRAM maka akan semakin habis ruang ram internal pada perangkat android

Demikian adalah cara meningkatkan dan menambah ram pada smartphone android dengan mudah, semoga bermanfaat. yang berhasil kami kutip dari beberapa sumber, Terus kunjugi lebihluas.com karena kami akan memberikan ilmu dan tips tips yang kami ulas secara untuk dan nyaman di baca. Jika menurut anda artikel ini menarik silahkan anda bagikan artikel ini keteman-teman anda di sosial media favorit anda. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *